Selasa, 17 Mei 2016

tugas bulan pertama (deskripsi hewan dan tumbuhan)



hewan
salah satu anggota dari kelas Reptil dan filum Chordata. termasuk bangsa testudinata yang terbagi menjadi dua suku yaitu Chelonidae . Ciri utamanya yaitu adanya “cangkang” pada bagian punggung yang disebut karapaks dan pada bagian perut yang disebut plastron seperti kura-kura. Cangkang  yang ringan namun keras berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh luar. Kakinya berubah menjadi sirip berbentuk dayung pipih yang lebar dan agak memanjang. Bentuk ini memberikan kemampuan  untuk bergerak bebas, berenang cepat  menghindari pemangsa, merayap di darat dan menggali lubang untuk bertelur.  Hewan tersebut adalah penyu.
Tumbuhan
Tanaman yang tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak).
Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat.
Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan.
Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan. Tanaman tersebut adalah kunyit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar