Rabu, 13 Juli 2016

DAMPAK NEGATIF KEMAJUAN IPTEK



Dampak negatif kemajuan iptek bagi kehidupan lingkungan
Dampak negatif yang ditimbulkan oleh pembangunan adalah dampak pada iklim, kebisingan, kualitas udara, hidrologi, tanah, ekosistem perairan, flora dan fauna, sosial ekonomi, sosial budaya dan dampak pada kesehatan. Dampak negatif ini akan menurunkan kualitas lingkungan apabila faktor pelestarian lingkungan diabaikan.
Penurunan kualitas lingkunga penyebab menurunnya kualitas lingkungan secara global adalah teknologi yang mencemari dan yang mendorong konsumsi mewah serta limbah yang dihasilkan keduanya. Penyebab lain adalah kekurang tepatan kebijakan, kemiskinan, serta masalah kerawanan keamanan dan ketrentaman sosial.
Dampak dari kegiatan manusia terhadap lingkungan hidup telah menimbulkan berbagai masalah berikut
a. Mutasi Gen
Dengan perkembangan teknologi telah banyak digunakan teknik radiasi seperti untuk keperluan kedokteran, energi nuklir, pertanian, percobaan persenjataan, dan bidang-bidang lainnya. Berbagai radiasi dan bahan kimia itu bersifat karsinogenetik, teratogenetik, mutagenetik, maupun penurunan daya tahan tubuh. Akibat yang berdampak menurut seperti mutasi gen, akan menurunkan daya tahan tubuh generasi muda yang diperoleh secara alami. Oleh karena itu semakin lama eksistensi manusia makin hanya dapat diperhankan dengan dukungan teknologi yang makin lama makin dituntut kecanggihannya, yang dengan sendirinya juga dengan biaya yang semakin mahal.
b. Rumah kaca
Dari berbagai kegiatan manusia terutama dalam penggunaan energi fosil (minyak bumi, batubara) telah terjadi kenaikan gas terutama gas karbon dioksida ( CO2), dapat menyebabkan dampak rumah kaca karena dapat memanaskan atmosfer bumi. Gas CO2 di atmosfer berperan sebagai kaca di rumah kaca yang menghalangi pantulan sinar matahari dari bumi, sinar pantulan bergelombang panjang sehingga mempunyai dampak kepanasan. Kenaikan gas rumah kaca ini juga dapat disebabkan oleh pembalakan hutan. Akibat dari dampat rumah kaca ini kecuali kenaikan suhu atmosfer bumi, juga perubahan iklim pada umumnya.
c. Hujan Asam
Industri-industri terutama pengecoran logam, penggunaan bahan bakar fosil dan yang membuang limbah gas, akan melepaskan gas seperti SO2, NOx, dan CO2 yang dengan uap air akan bereaksi membentuk asam-asam yang kemudian turun bersama-sama dengan air hujan, sehingga air hujan mengandung asam berturut-turut asam sulfat (H2SO4), asam nitrat (HNO3) dan asam karbonat (H2CO3) sehingga dikenal dengan hujan asam. Bila air hujan dengan pH di bawah 5,6 dapat merusak hutan dan perkebunan, mengkaratkan benda logam, merusak berbagai bangunan dari marmer, tegel, dan beton pada umumnya.
d. Lubang lapisan ozon
Lapisan ozon (O3) di atmosfer yang menyelimuti bumi pada ketinggian ±30 km di atas bumi, berfungsi menahan 99% dari radiasi sinar ultra violet dari matahari yang berbahaya bagi kehidupan. Lapisan ozon ini mengalami kerusakan dan timbul lubang-lubang yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia seperti halon (untuk pemadam kebakaran), CFC (Chloro Fluro Carbon) yang digunakan sebagai aerosol (gas penyemprot minyak wangi, hair spray, dll). Oleh sinar ultra violet gas-gas itu diuraikan menjadi khlor (Cl) dan monoksida khlor (ClO) yang menjadi katalisator pecahnya ozon menjadi oksigen (O2) . Setiap unsure Cl akan dapat mengakibatkan pecahnya 100.000 molekul O3. Lubang ozon ini terdapat di atas Antariksa dan Kutub Utara. Melalui lubang-lubang lapisan ozon ini sinar ultra violet akan menembus sampai ke bumi. Apabila terjadi penyerapan sinar ultra violet oleh kulit akan terjadi kanker kulit, kerusakan mata (katarak), serta akan terjadi gangguan pada rantai makanan baik di laut maupun di daratan.
e. Pencemaran air
Pencemaran adalah masuknya atau dimasukkanya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
Air adalah benda alam yang mutlak diperlukan bagi makhluk hidup seperti untuk minum, cuci, mandi, pertanian, perikanan, transportasi, dll. Pencemaran air ditandai oleh berubahnya warna air menjadi coklat atau hitam dan berbau busuk. Hal ini tidak mustahil karena berbagai air limbah industri yang saat ini belum diolah secara baik dibuang langsung ke sungai, yang pada gilirannya akan mencemari juga air tanah.

Dampak negatif kemajuan iptek bagi kehidupan sosial
dampak negatif dari perkembangan iptek bagi kehidupan sosial salah satunya adalah adanya teknologi yang disalah gunakan oleh masyarakat. seperti Handphone,jejaring sosial, dll.
banyak terjadi penipuan dan tindak kejahatan yang dilakukan oknum oknum tertentu dengan melalui teknologi.
seperti pencurian uang, penipuan. penculikan, dan pembunuhan berencana.
selain itu, IPTEK yang berkembang pesat dapat menghilangkan nilai sosial di masyarakat tertentu. seperti contohnya, dengan menggunakan Handphone,TV,mobil,motor ataupun bahkan jejaring sosial.seorang individu dapat berkomunikasi dan menjalani aktivitas dengan mudah tanpa adanya interaksi atau gotong royong antar masyarakat lainnya.
hal itu dapat menghilangkan nilai nilai sosial dalam kehidupan. karena individu akan memilih untuk mengerjakan sendiri kerjaannya tanpa harus meminta bantuan org lain.

Dampak lainnya adalah adanya GLOBALISASI. yaitu masuknya pengaruh dan gaya dari Luar negeri yang dapat menghilangkan nilai asli bangsa indonesia.
contohnya yaitu anak muda zaman skrg banyak yang meniru gaya pakaian orang luar ataupun negeri tetangga.
tradisi asli indonesia tidak lagi dipakai di zaman skrg karena perkembangan teknologi dan IPTEK yang mempengaruhinya.
Pada tahun ini, apalagi sudah adanya atau terjadi Demam K-POP. yaitu fenomenalnya lagu lagu dan boyband serta girlband dari korea selatan di Indonesia.
seperti Boyband dan Girlband Besar di Korea yang sangat menjadi perbincangan hangat, kiblat fashion bagi anak muda zaman skrg. bahkan banyak musisi indonesia yang meniru gaya mereka. seperti Smash,cherrybelle dll.
bagi indonesia, K-POP adalah kiblat fashion dan gaya bagi saat ini.
seperti, Super Junior,Shinee,SNSD,bigbang,SISTAR menjadi salah satu penyebab hilangnya budaya asli indonesia karena adanya proses GLOBALISASI yang masuk ke Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar